Rabu, 09 September 2015

Simdes, Ajang Pembuktian SDM Desa Kab. Mamasa

 Simdes, Ajang Pembuktian SDM Desa Kab. Mamasa




MAMASA, -Saat ini Kabupaten Mamasa kembali menjadi perhatian Indonesia dikarenakan Desa di Mamasa menjadi pilot project penggunaan sistem pengelolaan keuangan desa yang dikenal dengan SIMDES. Selain pemerintah desa seluruh Indonesia yang memantau penggunaan Simdes, disebut juga lembaga kontrol seperti Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) ikut memantau perkembangan sistem ini, bahkan KPK disebut sudah melakukan pantauan lapangan di Mamasa.

Pilot Project Simdes merupakan kerja sama antara BPKP-RI dan Pemda Mamasa. Peraturan Bupati tentang Sistem dan Tata Kelola Keuangan Desa telah ditandatangani oleh Bupati Mamasa H. Ramlan Badawi, turut didampingi Wakil Bupati Mamasa Victor Paotonan, Wakil Ketua DPRD Mamasa Marthinus Tiranda dan sejumlah pejabat Pemkab Mamasa serta Kepala BPKP-RI Perwakilan Sulbar Gillbert A.H. Hutapea dikantor BPKP-RI Sulbar di Mamuju beberapa saat lalu.

Kepala BPKP-RI Perwakilan Sulbar Gillbert A.H. Hutapea menegaskan bahwa dana desa yang jumlanya cukup besar tersebut perlu mendapatkan pendampingan yang maksiamal,"Simdes itu sudah sarat dengan pengendalian, jadi aturan main Permendagri Nomor 113 sudah ada didalam sistem tersebut. Sistem ini akan menjaga seluruh perangkat Desa supaya dalam mengelola keuangan mereka taat aturan. Kalau menggunakan aplikasi ini dengan disiplin mereka terbebas dari kesalahan," sebut Gillbert A.H. Hutapea.

Sementara Bupati Mamasa H. Ramlan Badawi diberbagai kesempatan menyampaikan agar Pemdes di Mamasa benar-benar bisa membuktikan bahwa Simdes berhasil di Mamasa sehingga bisa diterapkan untuk Indonesia,"Dengan demikian Mamasa bisa dikenal secara positif," sebut Ramlan Badawi. 






Sumber : Mamasa Dalam berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar